Ini Lho Cara Mudah Mengetahui Hp Disadap dan Cara mengatasinya!

Di era serba canggih ini, smartphone yang kamu punya ternyata bisa menjadi masalah yang sangat berbahaya. Sisi lain dari berbagai kemudahan yang kamu dapat, ponselmu bisa disalah – gunakan oleh orang lain dengan cara menyadapnya! Hmm, cukup berat sebenarnya pembahasan soal sadap – menyadap. Kita akan bahas secara tehnis saja. Supaya kamu tahu cara mencegah hp disadap orang lain, dan apa indikasinya!


Cara Mengetahui Hape Disadap

Intersepsi sebenarnya dibolehkan bagi pihak berwenang dalam rangka penegakan hukum. Selain itu? Sangat bahaya jika ponsel kamu disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Ini Lho Cara Mudah Mengetahui Hp Disadap dan Cara mengatasinya!


Langsung saja soal tanda – tanda ponsel disadap. Yang mudah saja, hp atau ponsel kamu beraktivitas tidak wajar.


1. Daya baterai sangat boros


Baterai ponselmu mudah habis dengan cepat. Ini karena penyadap membuka aplikasi yang terhubung dan tertanam diponselmu secara hidden. Mereka mengobrak – abrik dokumen yang tersimpan.


2. Smartphone menjadi lelet


Aplikasi yang dijalankan oleh penyadap membuat ponselmu bekerja ekstra. Kamu tidak melihatnya, karena ia bekerja di latar belakang.


3. Adanya aktivitas aneh


Tanpa kamu buka aplikasi di ponselmu, tapi kok bisa membuka sendiri? Nah, ini juga bisa menjadi indikasi bahwa hape mu sedang tidak baik – baik saja, alias disadap.


Mengatasi Sadap Hape

4. Tiba – tiba ada aplikasi asing


Kamu ngga merasa memasang (install) aplikasi tertentu di ponselmu, tapi kenapa muncul aplikasi aneh tersebut. Ini pada umumnya adalah malware.


5. Cek dengan kode USSD


Buka menu panggilan di ponselmu. Ketikkan kode dan angka *#21# atau *#06# atau *#61# atau #002# kemudian tekan tombol panggil. provider akan memberi informasi tentang panggilan yang dialihkan, data yang ditransfer ke pihak lain, dll.

Baca Juga: Cara Mengalihkan SMS Android Ke Nomor Hape Lain!


6. Buka E-mail dan akun medsos


Seringkali penyadap mengirim link atau tautan yang berisi malware ke email atau pun facebook atau lewat media social lainnya. Segera cek aktivitas terkait hal tersebut.


7. Perhatikan icon hijau di pojok kanan atas


Penyadapan lewat fitur kamera dapat kamu lihat indikasinya dengan nyala tidaknya icon berwarna hijau terang di sudut kanan paling atas.


Cara Mengatasi Hp Disadap Orang Lain


* Ganti password layar smartphone


Ubah pola atau PIN layar hapemu. Jangan gunakan tanggal lahir, karena mudah sekali ditebak.


* Ubah password email


Ganti kata sandi untuk email kamu secara berkala. Selain itu, aktifkan email cadangan yang mudah diakses di ponsel lainnya. Jika ada aktivitas mencurigakan, aka nada pemberitahuan di email cadangan punyamu.


* Aktifkan mode Device Care


Pemeliharaan Perangkat bisa kamu aktifkan di menu Pengaturan (Settings). Smartphone kamu akan memberi tahu, ada malware atau tidak.


* Factory reset


Reset ke mode pabrik. Cara ini ampuh untuk mengatasi malware di ponselmu. Jika masih saja bandel, lakukan flashing smartphone.


* Hubungi call center


Telpon call center sesuai provider masing – masing. Laporkan terkait penyadapan di nomer telepon punyamu. Provider akan me-non aktif kan simcard mu untuk sementara. Tenang, meraka akan meng-aktifkan kembali.


* Jangan sembarangan menggunakan VPN


Ada bugs yang bisa dimasuki oleh penyadap, jika kamu menggunakan VPN dengan sembarangan.


Penyadapan ponsel bisa berakibat ringan hingga berat. Mulai dari bocornya data pribadimu, sehingga bisa dijual di pasar gelap. Dalam kasus berat, kamu bisa kehilangan dana lewat transaksi financial secara digital. Jadi, segera atasi masalah ini dengan cepat! Semoga membantu!


Image Credits:

https://www.dlink.com.au/6_Tell_Tale_Signs_Your_Smartphone_Has_Been_Hacked

https://www.freepik.com/premium-photo/anonymous-masked-hacker-is-using-smartphone-penetrate-credit-card-financial-information-hacking-malware-concept_32052514.htm

https://nypost.com/2022/05/19/fbi-reveals-10-ways-to-stop-smartphone-hackers/

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Ini Lho Cara Mudah Mengetahui Hp Disadap dan Cara mengatasinya!"

Post a Comment