Cara Membuka Kunci Android Yang Lupa Pola

Pola kunci pada android berguna untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna. Jika kamu aktifkan kunci atau password pada ponselmu, dapat mencegah orang lain membuka file-file penting di dalamnya. Fitur ini juga dapat kamu gunakan untuk mencegah seseorang menyalah gunakan smartphone punyamu. Tapi, adakalanya pengguna sering lupa pola kunci yang dibuat olehnya sendiri.

Cara Membuka Kunci Android Yang Lupa Pola
Cara membuka android lupa pola tidaklah sulit. Ada banyak metode yang dapat kamu coba. Jadi, jangan tergesa-gesa pergi ke tukang servis untuk mengatasi masalah ponsel terkunci.

Penyebab ponsel android terblokir cukup beragam, seperti lupa sandi maupun pola kunci yang dibuat sendiri atau orang lain mencoba membuka kunci dengan pola yang salah secara berulang-ulang.

Semua smartphone biasanya memberikan kesempatan untuk memasukkan pola kunci sebanyak 3 kali, lebih dari jumlah itu akan menyebabkan hape diblokir. Jadi, jangan sembarangan untuk memasukkan pola kunci jika kamu benar-benar lupa.


Cara Membuka Kunci Android Yang Lupa Pola


Sebelum kamu membuat keputusan untuk membawa ponselmu ke tukang servis, silahkan coba cara ampuh untuk membuka pola kunci pada android seperti berikut ini:

Cara pertama

Bagi kamu yang punya ponsel android tapi diblokir karena kesalahan dalam input pola kunci oleh orang lain, jangan terlalu khawatir. Asalkan ponselmu masih memiliki kuota internet. Yang harus kamu lakukan adalah klik pada forgot pattern atau password. Tergantung pengaturan yang kamu terapkan pada ponselmu.

Silahkan isi kolom kosong dengan username dan sandi, sesuai akun yang berlaku pada ponsel.

Selanjutnya sign in dengan akunmu, non aktifkan kunci keamanan.

Gunakan panggilan untuk membuka kunci

Jika kamu tidak berhasil sign in disebabkan ponsel tidak dapat akses internet, pola kunci masih dapat dibuka dengan cara lain. Pinjam ponsel temanmu untuk menelpon nomor yang kamu gunakan pada ponsel yang terkunci.

Angkat saja panggilan yang masuk, silahkan menuju menu home kemudian setting. Non aktifkan kunci smartphone atau password. Gunakan email dan sandi yang kamu buat sebelumnya.

Gunakan factory reset

Cara ampuh untuk mengatasi ponsel android yang terkunci maupun terblokir adalah dengan melakukan factory reset. Metode ini resikonya adalah semua setting dan aplikasi android yang ada akan hilang dan kembali ke setelan pabrik. Caranya seperti di bawah ini:

Sebelum kamu memilih factory reset, pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di memori internal. Jika file penting tersimpan di memori eksternal tidak masalah, atau copot dulu microsd dari smartphone jika kamu ragu.

Langkah pertama dengan memadamkan ponsel android.

Selanjutnya tekan sambil ditahan tombol volume up (untuk mengeraskan suara), bersamaan dengan tombol power. Tahan kedua tombol tersebut secara bersamaan selama sekitar 3 detik. Mungkin tiap smartphone berbeda dalam hal ini, intinya kita akan masuk ke recovery mode. Pada smartphone lain, menu ini dapat diakses dengan menekan tombol home, volume Up, dan power secara bersamaan.

Jika kamu berhasil masuk ke menu recovery mode, silahkan pilih factory reset/ wipe data. Selanjutnya, kamu dapat memilih reboot system now.

Tunggu hingga proses selesai. Ponselmu akan menyala kembali dengan pengaturan seperti saat kamu membelinya untuk pertama kali. Tanpa pola kunci, tanpa password.

Nah, mudah kan. Itulah 3 cara ampuh untuk membuka kunci layar android yang lupa pola. Jika memungkinkan, pilih saja cara pertama atau kedua. Cara terakhir hanya cocok digunakan ketika semua metode untuk mengatasi lupa pola mengalami kegagalan. Semoga membantu memecahkan masalahmu. Perlu kamu pelajari: 9 Cara Cas Android Supaya Cepat Penuh

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Cara Membuka Kunci Android Yang Lupa Pola"

Post a Comment